xxx Katarak - Rumah Sakit Semen Gresik
header image
Home arrow Pelayanan arrow Artikel arrow Katarak
Katarak PDF Print E-mail
User Rating: / 1
PoorBest 

katarak

Katarak adalah perubahan lensa mata yang semula jernih dan tembus cahaya menjadi keruh, sehingga cahaya sulit mencapai retina akibatnya penglihatan menjadi kabur.
Katarak terjadi secara perlahan-lahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. Katarak tidak menular dari satu mata ke mata lain, tetapi katarak dapat terjadi pada kedua mata pada waktu yang tidak bersamaan.
Perubahan ini dapat terjadi karena proses degenerasi atau ketuaan (jenis katarak ini paling sering dijumpai), trauma mata, infeksi penyakit tertentu (Diabetes Mellitus).
Katarak dapat terjadi pula sejak lahir (cacat bawaan), karena itu katarak dapat dijumpai pada usia anak-anak maupun dewasa.

G e j a l a
Gangguan penglihatan pada penderita katarak tergantung pada letak kekeruhan lensa, apakah di bagian tepi, tengah atau sudah menyeluruh. Gejala dapat di awali dengan adanya penglihatan ganda, peka terhadap cahaya atau silau sehingga sering kali penglihatan di malam hari atau di dalam ruangan redup lebih nyaman daripada siang hari.

Penanganan
Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menghilangkan Katarak. Pembedahan adalah satu-satunya cara mengatasi kekeruhan lensa atau Katarak. Dengan kemajuan teknologi bedah mikro, penderita katarak tidak perlu menunggu sampai kekeruhan katarak total atau "masak". Lebih dari 90% penderita yang menjalani pembedahan dapat melihat kembali dengan baik jika tidak disertai penyakit atau kelainan mata yang lain sebelumnya.
Operasi dikerjakan jika katarak telah menimbulkan kemunduran fungsi penglihatan yang mengakibatkan terganggunya pekerjaan atau aktifitas sehari-hari, sehingga hal tersebut tergantung pada kebutuhan pasien.


Operasi Bedah Mikro

Pengangkatan Katarak dengan fakoemulsifikasi dan penanaman lensa dengan metode :

  • Lebar torehan kira-kira 3 mm
  • Lensa tanam lunak
  • Tanpa jahitan
  • Pemulihan lebih cepat

Bila lensa katarak telah diangkat, untuk mendapatkan penglihatan yang maksimal diperlukan lensa pengganti. Sebagai gantinya dapat berupa kacamata, lensa kontak ataupun lensa tanam intraokular (implan). Tiap jenis lensa pengganti masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dokter mata anda akan membantu memutuskan jenis lensa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mata anda.

 

Operasi Katarak Konvensional

  • Lebar torehan 10 - 12 mm
  • Lensa tanam keras
  • Diperlukan beberapa jahitan
  • Pemulihan lebih lama (8-12 minggu) tetapi keadaan ini dapat diatasi dengan YAG Laser.

Lensa Tanam Intraokular (IOL)
Lensa Tanam Intraokular adalah lensa buatan yang ditanamkan dalam mata pada saat pembedahan. IOL ini telah digunakan lebih dari 40 tahun. Kelebihan lensa implant, selain tidak menimbulkan rasa sakit, tidak perlu dibersihkan dan tidak berkarat karena terbuat dari bahan khusus (PMMA; Acrylic; Silikon) sehingga dapat dipakai seumur hidup. Meskipun telah menolong jutaan orang orang, kadang-kadang dapat muncul komplikasi seperti peningkatan tekanan bola mata (glaukoma) dan keradangan (iritis). Kadang kala timbul perubahan kapsul lensa yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur kembali setelah beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian,

Poli Mata Rumah Sakit Semen Gresik dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan ditangani oleh dokter-dokter spesialis mata berpengalaman dari Surabaya dan Gresik serta dilengkapi dengan fasilitas/peralatan Occu Scan (untuk melihat ukuran lensa) dan ARK ( berfungsi untuk melihat kelainan refraksi pada mata) dengan jadwal praktek dokter mulai hari Senin sampai Sabtu.

Jika Anda merasakan gejala-gejala perubahan dalam penglihatan/Katarak, segera hubungi :


Poliklinik Spesialis Mata
Rumah Sakit Semen Gresik
Jl. RA Kartini 280 Gresik
Telp. (031) 3987840 - 41
Ext. 6175

 

Related Items